Jumat, 08 Februari 2019

Dorongan pemasaran besar untuk Wi-Fi dan semua bentuk internet nirkabel adalah bahwa itu akan membebaskan kita dari kendala kabel dan membuat hidup kita lebih mudah.

Walaupun itu berlaku untuk jaringan terbuka (jenis yang Anda lihat di Starbucks dan di perpustakaan), hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk mencoba menangani jaringan yang lebih aman, terutama di lokasi yang ramai.


Glosarium

 

Router: perangkat elektronik jaringan yang mengirimkan sinyal internet dari modem ke berbagai gadget berkemampuan Wi-Fi (laptop, ponsel, MID, dll.)


Port: Titik Akses Nirkabel AKA. Titik bernomor yang merupakan satu-satunya titik yang dapat Anda hubungkan. Ini digunakan di jaringan rumah untuk menghentikan orang menggunakan koneksi internet Anda tanpa izin Anda.


MAC: Media Access Control, suatu bentuk enkripsi yang memberi setiap perangkat alamat MAC yang unik.


Alamat MAC: Alamat khusus yang digunakan oleh setiap perangkat berkemampuan Wi-Fi, Alamat MAC memiliki 12 digit yang dipecah menjadi dua angka dengan titik dua. EG: 12: 34: 56: 78: 9A: BC


ID MAC: Nama lain untuk alamat MAC.


ISP: Penyedia Layanan Internet. Hanya nama mewah untuk orang yang Anda bayar untuk akses ke internet.


SSID: Service Set IDentifier, ini adalah urutan hingga 32 huruf atau angka yang merupakan ID, atau nama, dari jaringan area lokal nirkabel


WEP Key: Wired Equivalent Privacy, ini adalah metode paling umum untuk mengamankan koneksi Wi-Fi di rumah dan bisnis. Ada dua jenis enkripsi WEP

* Enkripsi kunci WEP 64bit - Sandi 5 karakter


* 128bit WEP Key enkripsi - kata sandi 13 karakter


 


IEEE 802.1x Ini adalah standar internet nirkabel yang saat ini didukung oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers dan metode jaringan rumah yang paling umum digunakan. Ini menggunakan nomor port untuk memungkinkan perangkat terhubung ke sana.


WPA / WPA2: Wi-Fi Protected Access, sistem yang menghasilkan kunci enkripsi baru setiap kali perangkat seluler memantapkan dirinya dengan titik akses.


WPA / WPA2 PSK: Ini adalah jenis WPA khusus yang dirancang khusus untuk usaha kecil atau hotel di mana pengguna Wi-Fi perlu memasukkan PSK rahasia bersama (kunci yang dibagikan sebelumnya) sebelum mereka dapat mengakses jaringan Wi-Fi.


 


Dan, dengan banyaknya telepon, modem dan komputer yang sekarang terhubung ke jaringan Wi-Fi (baik terbuka maupun terenkripsi) dan pengaturan jaringan Wi-Fi menjadi lebih penting dari sebelumnya.



Jadi ini adalah panduan cepat untuk melakukan semua yang perlu Anda lakukan untuk hidup di dunia internet nirkabel:

Menghubungkan ke jaringan WiFi terbuka

 

Ini mungkin hal termudah yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda menggunakan ponsel berkemampuan wifi seperti yang ada di bawah ini, yang perlu Anda lakukan adalah menekan browser internet Anda saat berada di hotspot wifi dan Anda menjelajah dengan kekuatan Wi-Fi.


Jika Anda menggunakan perangkat internet seperti MID atau netbook dan kartu jaringan nirkabel Anda sudah diatur dengan benar maka Anda bisa mulai menjelajah.

Menghubungkan Ke Jaringan Yang Dienkripsi

 

Dalam banyak kasus menghubungkan ke jaringan terenkripsi tidak jauh lebih sulit daripada menghubungkan ke jaringan Wi-Fi terbuka (meskipun hal-hal bisa menjadi sangat sulit jika itu adalah jaringan yang sangat terenkripsi dengan banyak lalu lintas) yang perlu Anda ketahui adalah:

Jenis enkripsi atau keamanan apa yang digunakan jaringan


Kata sandi apa yang harus dimasukkan


Seperti yang dapat Anda lihat dari daftar istilah di atas ada beberapa jenis keamanan, untuk penelusuran nirkabel 'saat bepergian' ini biasanya adalah:


Enkripsi Kunci WEP 64bit Kata sandi 5 karakter


Enkripsi WEP Key 32bit kata sandi 13 karakter


Open Network tidak ada kata sandi sama sekali


ID MAC Buka jaringan, tetapi hanya perangkat ID MAC terdaftar yang dapat terhubung ke sinyal


Jika Anda menggunakan internet nirkabel di rumah seseorang, mereka mungkin memiliki sistem tipe IEEE 802.1x yang diinstal. Dalam hal ini Anda harus mendapatkan port dari pemilik koneksi nirkabel.


ID / alamat MAC Anda kemungkinan ada di perangkat Anda di suatu tempat dan biasanya dapat ditemukan di dokumen yang disertakan dengan perangkat atau pada perangkat itu sendiri (Untuk panduan tentang cara menemukan angka-angka ini kunjungi www-dcn.fnal.gov / DCG-Docs / mac /) Alamat MAC akan terlihat sedikit seperti ini: 12: 34: 56: 78: 9A: BC


Menyiapkan Router

 

Untuk menggunakan router Wi-Fi Anda, Anda harus menghubungkan komputer, modem, dan router Anda menggunakan kabel Ethernet. Biasanya ini dilakukan untuk Anda ketika Anda pertama kali mengatur koneksi Internet Anda di rumah oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda.

Jika Anda hanya memiliki koneksi internet normal dan bukan router, Anda bisa mendapatkan router WiFi dari hampir semua outlet elektronik hari ini.


Anda juga harus mengonfigurasi pengaturan router. Ini sesederhana ABC ... semua router dilengkapi dengan manual pengguna yang sederhana.


Ketika Anda pertama kali mendaftar dengan penyedia internet lokal Anda, Anda diberikan dan akun. Masuk ke URL router Wi-Fi.


Buka browser web di komputer Anda dan ketikkan URL router Wi-Fi di bilah alamat browser.


Alamat tersebut dapat ditemukan dalam dokumentasi yang menyertai router Wi-Fi Anda atau di situs web produsen. Setelah mengetik URL, tekan "Enter."


Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan router Wi-Fi.


Setelah memasukkan URL perute, akan muncul kotak dialog yang mengharuskan Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk perute.


Masukkan nama pengguna dan kata sandi untuk router Wi-Fi. (Ini juga akan disediakan oleh ISP Anda)


Untuk sebagian besar router Wi-Fi, nama pengguna default adalah "admin" dan kata sandi standar adalah "kata sandi" atau tidak ada kata sandi. Ingat bahwa kotak teks akan mengingat apakah Anda menggunakan huruf kapital atau tidak.


Konfigurasikan pengaturan router Wi-Fi dan pengaturan nirkabel.


Pada halaman utama menu pengaturan router, Anda akan menemukan tautan untuk mengubah beberapa pengaturan.


Anda dapat mengubah SSID default (nama jaringan nirkabel menjadi nama khusus misalnya GUAVA), dan Anda dapat memilih jenis enkripsi yang ingin Anda amankan pada jaringan nirkabel Anda.


Saat mengatur konfigurasi, Anda harus mempertimbangkan opsi keamanan dan konektivitas.


Memilih Jenis Enkripsi

 

ID MAC

Ini adalah bentuk pengaturan enkripsi di mana tidak ada kata sandi yang diperlukan untuk terhubung ke router WiFi. Ini paling umum digunakan jika sejumlah perangkat wifi yang berbeda akan digunakan dalam jaringan Anda dan Anda ingin ada beberapa bentuk keamanan tetapi Anda tidak ingin bekerja terlalu keras untuk memantaunya.


Untuk mengatur bentuk metode enkripsi ini, Anda harus mendaftarkan ID MAC Perangkat Anda (ID alamat fisik) ke akun URL router Anda.


Pengaturan Kunci WEP
Ini adalah metode yang paling sering digunakan untuk mengamankan koneksi Wi-Fi di rumah dan bisnis. Dua bentuk keamanan berbasis WEP Key, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, adalah enkripsi WEP Key 64bit dan enkripsi WEP Key 128bit.


Ini awalnya diatur di bagian konfigurasi alamat URL router Anda, pengguna (ANDA) dapat memilih enkripsi 64bit atau 128bit.


Setelah Anda memilih metode enkripsi yang Anda inginkan maka Anda dapat membuat kata sandi router Anda menjadi 5 atau 13 kunci alfanumerik.


Kata sandi yang Anda pilih harus didaftarkan terlebih dahulu di router melalui alamat URL router yang disediakan oleh ISP Anda (penyedia layanan internet)


 Perangkat seperti Media Tank CVJI-E49biasanya menggunakan enkripsi WEP Key.WPA / WPA2 & WPA / WPA2 (PSK)

Ini adalah kependekan dari (Wi-Fi Protected Access) yang merupakan protokol keamanan untuk jaringan 802.11 nirkabel. Ini adalah bentuk enkripsi yang sangat aman dan sistem menghasilkan kunci enkripsi baru setiap kali perangkat seluler memantapkan dirinya dengan titik akses.


Untuk pengguna rumahan dan bisnis kecil yang tidak memiliki server otentikasi, WPA dapat digunakan dalam mode kunci bersama (PSK), yang mengharuskan kunci rahasia bersama dimasukkan secara manual ke titik akses dan setiap komputer pengguna.


Jadi tunggu apa lagi? Lihat beragam gadget WiFi grosir kami dan mulai terlibat dalam revolusi internet nirkabel.


Subscribe box

Masukkan alamat email Anda dan klik daftar, Anda akan menerima artikel IT-Banten terbaru secara gratis melalui Gmail!!

0 blogger-facebook: