Jumat, 08 Februari 2019

Selain iklan sumber pendapatan lain yang bisa kamu peroleh dari youtuber adalah dari endorsment. ini nih tips dan trik agar dapet endorse.

Yuk baca...

1. Tulis Informasi Kontak yang Jelas

* sumber: www.classichits.ie

Menuliskan kontak Anda dengan jelas merupakan salah satu hal yang sangat penting sebagai seorang endorser. Pasalnya, ketika Anda tidak mencantumkan kontak dengan jelas, maka pihak yang akan memberikan endorse akan mengalami kesulitan untuk menghubungi Anda.


Ketika Anda sulit dihubungi, kemungkinan pihak yang akan melakukan endorse akan membatalkan niatnya untuk meingklankan barang mereka. Jadi, informasi kontak yang jelas dan lengkap sangat harus dituliskan pada kolom biodata Instagram atau pada video Youtube Anda.


Anda bisa menuliskan nomor telepon, e-mail, id sosial media lainnya, dan kontak yang Anda miliki. Pastikan bahwa kontak yang Anda tulis harus bisa dihubungin dan selalu merespon dengan baik juga cepat. Jangan sampai kesempatan endorse hilang begitu saja hanya karena kesulitan untuk menghubungi Anda.

2. Buat Konten Berkualitas

* sumber: www.seo.com.pk

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa kemungkinan Anda bisa menerima paid endorse. Biasanya, pihak yang akan melakukan endorse hanya dengan mengirimkan barang yang harus diiklankan. Cara mengiklankannya diserahkan kepada para endorser.

Jadi, jika Anda menerima endorse dengan tipe seperti ini maka pastikan Anda membuat sebuah konten yang teramat kreatif. Untuk Instagram, Anda bisa membuatnya berupa video ataupun foto. Sedangkan untuk Youtube, Anda mutlak harus membuat video yang unik dan menarik. Selain unik dan menarik, Anda harus membuatnya sendiri alias original.

Jika Anda mampu untuk membuat sebuah iklan yang sangat menarik juga original, secara otomatis para followers ataupun subscribers Anda akan tertarik melihat endorse yang Anda buat. Kemudian, mereka akan penasaran terhadap barang yang sedang diiklankan.

Baca Juga:

7 Cara Mudah Menjadi Youtuber yang Profesional & Terkenal


Cara Menggunakan Aplikasi VSCO di Android dengan Mudah


10 Aplikasi Instagrid untuk Instagram Terbaik di Android


Dengan begitu, baik pihak endorser dan pihak yang meminta diiklankan sama-sama bisa mendapatkan keuntungan. Jangan sampai mengecewakan pihak yang meminta endorsement kepada kita. Jika mereka merasa kecewa dengan hasil endorse, kemungkinan pihak endorsement tidak akan mau melakukan endorse kepada Anda.


3. Fokus Pada Konten Tertentu yang Dikuasai


* sumber: www.irishtimes.com

Tips yang satu ini juga sangat penting bagi Anda yang baru mulai menjajaki sebagai endorser. Sebab, mengetahui konten tertentu bisa menjadi nilai plus. Contohnya Anda seorang selebgram atau Youtuber yang aktif dalam tutorial make-up. Tentu saja Anda sangat paham mengenai make-Up.

Biasanya, endorsement akan datang dari produk kecantikan. Nah, jika Anda menguasai produk kecantikan dan juga make-up, maka Anda akan mudah untuk membuat konten yang akan di-endorse. Selain itu juga, para followers dan juga subscribers Anda juga bisa mendapatkan referensi dari produk yang Anda iklankan.

4. Tambah Follower dan Subscriber Sebanyak-banyaknya

* sumber: www.linkedin.com


pihak yang meminta endorse kepada Anda tentu melihat dari jumlah followers dan juga subscribers yang Anda miliki. Maka dari itu, menambah follower dan juga subscriber adalah salah satu cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube yang paling penting untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

Jika Anda seorang selebgram, maka salah satunya adalah unggah foto yang menarik perhatian para pengguna Instagram. Anda harus pintar-pintar untuk mengkreasikan foto-foto yang menarik. Selain itu juga Anda bisa mempromosikan akun Instagram Anda di sosial media lainnya.

Jangan lupakan untuk berikan kesan positif kepada para followers setia Anda. Jangan sampai para followers merasa kecewa akibat tindakan yang Anda lakukan atau kecewa dengan postingan Anda. Pastikan juga untuk selalu mengupdate foto terbaik di Instagram.

Namun, jika Anda seorang Youtuber maka Anda bisa membuat video yang lebih menarik dan kreatif. Pasalnya, para viewers akan melakukan subscribe jika mereka merasa channel Youtube Anda sangat menarik. Jangan lupa untuk tidak keluar dari konten atau tema channel Youtube yang Anda buat.

Selain itu juga, seorang Youtuber dianjurkan untuk merapihkan playlist video. Sebab dengan merapihkannya maka viewers akan merasa dimudahkan dalam mencari video Anda. Pastikan juga caption video yang akan Anda upload mudah untuk dicari oleh viewers ya.

5. Jadilah seorang Endorser yang Profesional


* sumber: dndcillinois.com

Cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube satu ini juga cukup penting. Pasalnya, jika Anda tidak melakukannya secara profesional, maka pihak yang akan melakukan endorse kemungkinan akan kapok dan tidak ingin Anda sebagai endorser produk mereka. 

Profesional di sini maksudnya, Anda perlu memberikan catatan yang jelas tata cara jika ada yang ingin menjadikan Anda sebagai endorser. Pastikan syarat dan ketentuan yang Anda buat harus jelas dan lengkap. Selain itu juga, Anda harus bisa diajak kerjasama.

Pasalnya baik pihak endorser dan juga pihak yang melakukan endorse smaa-sama menginginkan keuntungan. Jadi, Anda bisa membuat prosedur yang tidak berbelit namun jelas dan juga lengkap. Dalam prosedurnya, Anda bisa mencatumkan harga atau bahkan waktu yang bisa digunakan untuk endorsement.

Jangan lupa juga untuk menuliskan syarat ketika terjadi pembatalan endorsement. Dengan prosedur yang jelas maka kedua belah pihak akan lebih mudah untuk bekerja sama dalam melakukan endorse. Dan jangan lupakan untuk menggunakan kata-kata yang sopan dan santun namun tetap profesional layaknya Anda sedang melakukan bisnis.

6. Buatlah Personal Brand yang Menarik

Personal Brand atau bisa dikatakan mempromosikan diri sendiri merupakan salah satu cara terbaik sebagai seorang endorser terknal. Sebab, jika Anda mempromosikan diri dengan baik maka banyak followers ataupun subscribers yang akan tertarik dengan branding Anda.

Untuk membuat personal branding mungkin bisa dikatakan mudah namun juga sulit. Anda hanya perlu menjadi diri sendiri. Keluarkan sifat ataupun karakter unik Anda dengan cara yang baik juga sopan. Followers dan Subcribers akan lebih menghargai seorang yang sopan namun juga menarik.

Tidak hanya itu saja, ketika Anda sudah memiliki personal branding yang unik dan menarik maka secara otomatis Anda akan mudah untuk membuat konten endorse. Juga, para endorsement akan merasa tertarik untuk memasang iklan kepada Anda.

Nah itulah tadi cara menjadi endorser di Instagram dan Youtube. Beberapa cara tersebut tidak terlalu sulit namun juga tidak bisa diremehkan. Anda bisa mencobanya satu persatu dan semoga Anda berhasil menjadi seorang endorser profesional ya!

Topik Terkait: 
  

Subscribe box

Masukkan alamat email Anda dan klik daftar, Anda akan menerima artikel IT-Banten terbaru secara gratis melalui Gmail!!

1 komentar:

  1. it-banten is a very helpful blog with useful information. There are lots of helpful tips and guides on their website. It is the best place to go when you want to learn and grow your business.

    Regards:
    Andrew Kennedy

    BalasHapus