Berikutnya adalah 20 soal exam pada pelatihan Jago Presentasi Dalam 90 Menit:
1. I. Awali pembukaan dengan silent dan smile
lI. Sampaikan pembukaan public speaking dengan empat pernyataan
II. Pastikan dalam pernyataan harus ada yang dominan dan tidak dominan
Statement diatas merupakan ciri-ciri dari teknik pembukaan public speaking...
a. Powerful question
b. Audience participation
c. Fakta
d. Four statement
e. Story
Jawaban: D
2. Kesalahan umum yang sering terjadi saat presentasi pelatihan yaitu....
a. Tidak menggunakan ice breaking selama sesi presentasi berlangsung
b. Menunggu hingga peserta menjawab pertanyaan sebelum lanjut ke poin pembahasan berikutnya
c. Memberikan kesempatan bertanya maksimal dua kali untuk orang yang sama
d. Pelatih berasumsi peserta sudah paham tanpa bertanya
Jawaban: D
3. Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan pada saat presentasi dihadapan customer yaitu....
a. Mengalokasikan waktu untuk menjelaskan sebanyak mungkin materi agar customer merasa jelas
b. Mengalokasikan waktu untuk bertanya kepada customer, memberikan kesempatan untuk berkomentar, dan merespon komentar customer dengan baik
c. Mengalokasikan waktu untuk mempersiapkan diri
d. Mengalokasikan waktu untuk mendata audience yang hadir
Jawaban: B
4. Dalam mengilustrasikan isi materi public speaking, kamu bisa menggunakan data, angka, ataupun studi kasus. Teknik ilustrasi ini disebut dengan.....
a. Pathos
b. Ethos
c. Demos
d. Logos
e. Kratos
Jawaban: D
5. Saat melakukan public speaking, kamu mungkin akan menemukan beragam jenis audiens. Seperti audiens yang cenderung pasif. Audiens tipe ini jarang sekali mengekspresikan sesuatu, karena mereka memiliki kesulitan untuk berinteraksi dengan audiens yang lain.
Ciri-ciri ini merupakan tipe audiens jenis.....
a. Black cloud si negative thinking
b. Sheep si anak manis
c. Clown si penghibur
d. Hotshot si pembelajar
e. Mr and Mrs Cool
Jawaban: B
6. Merupakan sebuah cerita berdasarkan pengalaman orang lain seperti saudara atau teman, ini merupakan jenis cerita....
a. Kutipan
b. Personal story
c. True story
d. Perumpamaan
e. Historical story
Jawaban: E
7. Ketika presentasi, rekan juga perlu memperhatikan body language. Salah satunya yaitu....
a. Menggunakan gerakan tangan untuk memandu presentasi
b. Tidak menggunakan banyak gerak tangan dan cukup meletakkan tangan disamping selama presentasi
berlangsung
c. Lipat kedua tangan di depan dada agar lebih tenang
d. Banyak melakukan pergerakan untuk menghindari rasa gugup
Jawaban: A
8. Ada 4 skill atau disingkat dengan 4c, yang harus dimiliki seseorang untuk dapat bersaing di industri 4.0 ini. Berikut ini yang bukan termasuk ke dalam 4 skill tersebut yaitu....
a. Creative thinking
b. Communication skill
c. Collaboration
d. Celebration
e. Critical thinking
Jawaban: D
9. Ada tiga pain utama yang harus diperhatikan dalam public speaking, yaitu kalimat pembuka, hal-hal
penting yang akan disampaikan, dan kalimat penutup. Berikut ini yang bukan termasuk cara melatih
kemampuan public speaking kamu adalah.....
a. Berlatih saat mandi
b. Berlatih menghafal materi yang akan dibawakan
c. Bicara kepada siapapun yang mau mendengarkan
d. Berlatih di depan cermin
e. Berlatih saat sedang berkendara
Jawaban: E
10. Penggunaan mic pada saat presentasi haruslah diperhatikan karena....
a. Suara terdengar lebih berat
b. Tidak akan muncul suara feedback berupa echo
c. Membatasi pergerakan
d. Jika terjadi kesalahan teknis akan mengganggu presenter
Jawaban: D
11. Perhatikan pilihan berikut!
1. Judul slide sesuai dengan isi slide
II. Menggunakan animasi sebanyak mungkin agar menarik
III. Menggunakan temptate PowerPoint dengan hati-hati
IV. Menuliskan kata 'Terima Kasih' atau 'Thank You' pada slide terakhir
Yang perlu diperhatikan ketika rekan ingin memaksimalkan Power Point presentasi ditunjukkan
oleh nomor....
a. I & II
b. I & III
c. I & IV
d. Ill & IV
Jawaban: B
12. Pada saat presentasi di kantor, kesalahan yang biasa terjadi yaitu....
a. Menjelaskan bagaimana' tetapi tidak menjelaskan 'kenapa'
b. Menjelaskan 'apa' tetapi tidak menjelaskan siapa
c. Menjelaskan bagaimana tetapi tidak menjelaskan 'apa'
d. Menjelaskan 'kapan' tetapi tidak menjelaskan 'bagaimana'
Jawaban: A
13. Apakah yang harus diperhatikan sebelum rekan mempersiapkan Power Point?
a. Proyektor
b. Clicker
c. Tujuan dan audiens
d. Gesture saat presentasi
Jawaban: b
1. I. Awali pembukaan dengan silent dan smile
lI. Sampaikan pembukaan public speaking dengan empat pernyataan
II. Pastikan dalam pernyataan harus ada yang dominan dan tidak dominan
Statement diatas merupakan ciri-ciri dari teknik pembukaan public speaking...
a. Powerful question
b. Audience participation
c. Fakta
d. Four statement
e. Story
Jawaban: D
2. Kesalahan umum yang sering terjadi saat presentasi pelatihan yaitu....
a. Tidak menggunakan ice breaking selama sesi presentasi berlangsung
b. Menunggu hingga peserta menjawab pertanyaan sebelum lanjut ke poin pembahasan berikutnya
c. Memberikan kesempatan bertanya maksimal dua kali untuk orang yang sama
d. Pelatih berasumsi peserta sudah paham tanpa bertanya
Jawaban: D
3. Salah satu hal yang sebaiknya dilakukan pada saat presentasi dihadapan customer yaitu....
a. Mengalokasikan waktu untuk menjelaskan sebanyak mungkin materi agar customer merasa jelas
b. Mengalokasikan waktu untuk bertanya kepada customer, memberikan kesempatan untuk berkomentar, dan merespon komentar customer dengan baik
c. Mengalokasikan waktu untuk mempersiapkan diri
d. Mengalokasikan waktu untuk mendata audience yang hadir
Jawaban: B
4. Dalam mengilustrasikan isi materi public speaking, kamu bisa menggunakan data, angka, ataupun studi kasus. Teknik ilustrasi ini disebut dengan.....
a. Pathos
b. Ethos
c. Demos
d. Logos
e. Kratos
Jawaban: D
5. Saat melakukan public speaking, kamu mungkin akan menemukan beragam jenis audiens. Seperti audiens yang cenderung pasif. Audiens tipe ini jarang sekali mengekspresikan sesuatu, karena mereka memiliki kesulitan untuk berinteraksi dengan audiens yang lain.
Ciri-ciri ini merupakan tipe audiens jenis.....
a. Black cloud si negative thinking
b. Sheep si anak manis
c. Clown si penghibur
d. Hotshot si pembelajar
e. Mr and Mrs Cool
Jawaban: B
6. Merupakan sebuah cerita berdasarkan pengalaman orang lain seperti saudara atau teman, ini merupakan jenis cerita....
a. Kutipan
b. Personal story
c. True story
d. Perumpamaan
e. Historical story
Jawaban: E
7. Ketika presentasi, rekan juga perlu memperhatikan body language. Salah satunya yaitu....
a. Menggunakan gerakan tangan untuk memandu presentasi
b. Tidak menggunakan banyak gerak tangan dan cukup meletakkan tangan disamping selama presentasi
berlangsung
c. Lipat kedua tangan di depan dada agar lebih tenang
d. Banyak melakukan pergerakan untuk menghindari rasa gugup
Jawaban: A
8. Ada 4 skill atau disingkat dengan 4c, yang harus dimiliki seseorang untuk dapat bersaing di industri 4.0 ini. Berikut ini yang bukan termasuk ke dalam 4 skill tersebut yaitu....
a. Creative thinking
b. Communication skill
c. Collaboration
d. Celebration
e. Critical thinking
Jawaban: D
9. Ada tiga pain utama yang harus diperhatikan dalam public speaking, yaitu kalimat pembuka, hal-hal
penting yang akan disampaikan, dan kalimat penutup. Berikut ini yang bukan termasuk cara melatih
kemampuan public speaking kamu adalah.....
a. Berlatih saat mandi
b. Berlatih menghafal materi yang akan dibawakan
c. Bicara kepada siapapun yang mau mendengarkan
d. Berlatih di depan cermin
e. Berlatih saat sedang berkendara
Jawaban: E
10. Penggunaan mic pada saat presentasi haruslah diperhatikan karena....
a. Suara terdengar lebih berat
b. Tidak akan muncul suara feedback berupa echo
c. Membatasi pergerakan
d. Jika terjadi kesalahan teknis akan mengganggu presenter
Jawaban: D
11. Perhatikan pilihan berikut!
1. Judul slide sesuai dengan isi slide
II. Menggunakan animasi sebanyak mungkin agar menarik
III. Menggunakan temptate PowerPoint dengan hati-hati
IV. Menuliskan kata 'Terima Kasih' atau 'Thank You' pada slide terakhir
Yang perlu diperhatikan ketika rekan ingin memaksimalkan Power Point presentasi ditunjukkan
oleh nomor....
a. I & II
b. I & III
c. I & IV
d. Ill & IV
Jawaban: B
12. Pada saat presentasi di kantor, kesalahan yang biasa terjadi yaitu....
a. Menjelaskan bagaimana' tetapi tidak menjelaskan 'kenapa'
b. Menjelaskan 'apa' tetapi tidak menjelaskan siapa
c. Menjelaskan bagaimana tetapi tidak menjelaskan 'apa'
d. Menjelaskan 'kapan' tetapi tidak menjelaskan 'bagaimana'
Jawaban: A
13. Apakah yang harus diperhatikan sebelum rekan mempersiapkan Power Point?
a. Proyektor
b. Clicker
c. Tujuan dan audiens
d. Gesture saat presentasi
Jawaban: b
0 blogger-facebook: