Daftar kode status (kode status HTTP)

Senin, 11 Februari 2019


Daftar kode status (kode status HTTP)

Ketika Anda mengunjungi situs web secara teratur, Anda akan menghadapi beberapa masalah ketika Anda tidak dapat mengakses dan menerima kode status HTTP (kode respons) yang diangkat oleh browser. 

Jika Anda tidak mengerti arti dari kode status ini, Anda tidak akan mengerti apa yang tidak dapat Anda akses.

Kode status kode paling umum yang sering Anda lihat adalah 404 (tidak dapat menemukan halaman yang Anda kunjungi) .. Jadi bagaimana dengan kode respons Http lainnya dan arti dari kode lainnya?

Contohnya adalah: 200, 301, 302, 500 ???

Di sini kita akan mempelajari arti dari kode status HTTP ini!


I. ARTI KODE STATUS HTTP UMUM

Kode status HTTP 3 digit membawa sekelompok makna tertentu untuk memberi tahu pengguna tentang masalah yang dapat diakses dan tidak dapat diakses.

KODE STATUS HTTP 1XX: INFORMASI UMPAN BALIK

Kode status ini digunakan untuk memberi tahu klien bahwa server telah menerima permintaan. Biasanya Anda tidak perlu peduli dengan kode ini.

KODE STATUS HTTP 2XX: PEMROSESAN YANG BERHASIL

Kode status ini berarti bahwa permintaan server telah diterima, dipahami dan diproses dengan sukses.

Permintaan dengan kode 200 ditangani dengan baik oleh server.

KODE STATUS HTTP 3XX: MAJU

Kode status ini berarti bahwa server akan meneruskan permintaan saat ini ke permintaan lain dan klien perlu membuat permintaan berikutnya untuk mengirimkannya untuk diselesaikan. 
Biasanya ketika browser menerima jenis kode ini, ia akan secara otomatis melakukan permintaan berikutnya untuk mengambil hasilnya.

KODE STATUS HTTP 4XX: KESALAHAN DARI SISI KLIEN (PENGUNJUNG)

Kode status ini berarti bahwa ada kesalahan dari klien saat mengirim permintaan. Misalnya, URL salah, metode HTTP salah, tidak ada akses ke halaman ...

KODE STATUS HTTP 5XX: KESALAHAN DARI SISI SERVER

Kode status ini berarti bahwa server memiliki kesalahan dari server saat memproses permintaan. Sebagai contoh, data yang mati atau server kehabisan memori ...

Silakan periksa tampilan "elemen" di bagian "jaringan" dan periksa permintaan mana di situs web Anda yang memiliki masalah untuk ditangani!

II KODE STATUS UMUM

Di bagian ini, kita bersama-sama akan merujuk pada kode status yang umum digunakan saat membangun layanan web (atau menggunakan API).

2XX: SUKSES (AKSES BERHASIL)

Dalam kode status HTTP tipe 2xx, 200 OK adalah kode status yang sering digunakan. Permintaan berhasil diproses karena server biasanya menggunakan status 200. 

204 Tidak ada konten: Server berhasil memproses permintaan dan tidak mengembalikan konten apa pun.

3XX: MAJU

Dalam kode status HTTP tipe 3xx, ada beberapa jenis umum, terutama SEOer dan Alat Webmaster yang perlu diketahui

  1. 301 Pindah Secara Permanen (Secara permanen dialihkan ke halaman baru dengan nilai SEO yang sama)
  2. 302 Ditemukan (Mengarahkan kembali ke halaman baru untuk sementara agar pengguna melihat, jangan mentransfer nilai SEO)

Jadi ketika melakukan SEO jika tautan / halaman lama gagal, Anda harus mengarahkan 301 ke halaman baru untuk mempertahankan nilai SEO. 
302 redirect sering digunakan ketika Anda ingin meningkatkan situs web yang ingin pengguna Anda mengakses situs web sementara di hosting baru.

4XX: KESALAHAN SISI KLIEN (KESALAHAN DARI PENGGUNA)

Dalam kode status HTTP tipe 4xx, 400 Permintaan Buruk, 401 Tidak Resmi, 403 Terlarang, dan 404 Tidak Ditemukan sering digunakan kode status. 

Di dalamnya:
  • 400 berarti bahwa server telah menerima permintaan tetapi klien telah mengirim permintaan kesalahan. Salah satu kesalahan dapat disebutkan sebagai kesalahan sintaksis seperti mengunggah file format yang salah atau terlalu besar, atau kehilangan data yang diperlukan ...
  • 401 berarti bahwa server telah menerima permintaan tetapi klien tidak memiliki akses. Permintaan yang mengembalikan kode status 401 akan berubah jika pihak klien melakukan verifikasi login.
  • 403 berarti bahwa server telah menerima permintaan tetapi menolak pemrosesan permintaan, akses dilarang. Misalnya, dilarang mengakses file di folder tertentu di hosting untuk pengguna yang memiliki tautan.
  • 404 berarti server telah menerima permintaan tetapi belum menemukan konten yang dikembalikan dengan URL yang diterima.

5XX: KESALAHAN DARI SISI SERVER (KESALAHAN DARI SERVER / SERVER)

Kode status 500 adalah status dengan makna umum bahwa server mengalami kesalahan saat memproses permintaan tanpa memberikan alasan tertentu. 

Di atas Anda telah berkonsultasi dengan kode status HTTP yang paling sering digunakan. Untuk referensi terperinci dari semua kode status HTTP Anda dapat merujuk ke alamat ini. 

https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/HTTP/Status 

Kesimpulan: 

Jadi ketika mengakses situs web untuk permintaan mengembalikan kode umpan balik, Anda dapat memahami dan memperlakukan Alasan mereka

Subscribe box

Masukkan alamat email Anda dan klik daftar, Anda akan menerima artikel IT-Banten terbaru secara gratis melalui Gmail!!

0 blogger-facebook: